Senin, 12 Maret 2012

MANDI AIR PANAS PEGUNUNGAN SORIK

MANDI AIR PANAS PEGUNUNGAN SORIK



Mandi air panas di bekas aliran larva Gunung Sorik Marapi, Di Desa Huta Raja, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal, Sumatera Utara, ternyata berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kronis, rasa hangat suhu air ditambah campuran belerang alam membuat tubuh menjadi bugar.

Para pengunjung percaya, jika mandi di aliran air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis, seperti reumatik, darah tinggi, hingga strok.Selain itu belerang alam yang terkandung pada air juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Karena khasiatnya itulah, maka setiap warga dari berbagai penjuru mandailing natal mendatangi tempat ini hanya untuk mandi semata. Mulai pagi hari, tempat pemandian ini ramai oleh pengunjung, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Pemandian air panas bumi ini terbentuk sejak tahun 1923, saat pertama kali Gunung Sorik Marapi memuntahkan lava pijarnya.

Meski saat itu seluruh kampung porak poranda, namun warga mendapat berkah dengan terbentuknya aliran anak sungai yang airnya berasal dari panas bumi.

Meski berada di sekitar pemukiman warga, namun warga setempat tidak memungut biaya apapun bagi siapa saja yang akan mandi di sini. Warga hanya meminta pengunjung berprilaku sopan dan menjaga kebersihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar